ASESMEN
PEDOMAN ASESMEN/PENILAIAN
Menurut Permendikbud No.23 Tahun 2016, Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Kegiatan Penilaian memerlukan instrumen penilaian dan teknik penilaian. Penilaian tidak hanya difokuskan pada hasil belajar tetapi juga pada proses belajar.
NAMA SEKOLAH |
| NAMA SISWA |
|
BIDANG |
| N0. PBM-KD |
|
PROGRAM |
| WAKTU PBM-KD |
|
KOMPETENSI |
| TANGGAL MULAI |
|
MATA PELAJARAN |
| TANGGAL SELESAI |
|
POKOK BAHASAN
| |||
KOMPETENSI | ASPEK | SKOR MAKSIMAL | SKOR DICAPAI |
Sikap | 1. Menerima 2. Merespon 3. Menghargai 4. Mengorganisasi 5. Karakter Nilai | 10 10 10 10 10 |
|
Jumlah sub | 50 |
| |
Pengetahuan (Taxonomi 6 tingkat domain pengetahuan) | 1. Mengingat a. Menjelaskan b. Menggambarkan 2. Memahami a. Memperkirakan b. Menjabarkan 3. Mengaplikasikan a. Menerapkan b. Memodifikasi 4. Menganalisis a. Memecahkan b. Menganalisis 5. Mengevaluasi a. Membandingkan b. Menilai 6. Mencipta/membuat a. Merancang b. Membuat |
5 5
5 5
5 5
5 5
5 5
5 5 |
|
Jumlah sub | 60 |
| |
WAKTU | A. Lebih cepat B. Tepat C. Lambat | 10 10 0 |
|
Jumlah sub | 10 |
| |
TOTAL SKOR | 120 |
| |
Catatan
| |||
Kepala Sekolah | Guru | Siswa | |
Catatan:
(………………………..) |
(………………………..) |
(………………………..) |
NAMA SEKOLAH |
| NAMA SISWA |
|
BIDANG |
| N0. PBM-KD |
|
PROGRAM |
| WAKTU PBM-KD |
|
KOMPETENSI |
| TANGGAL MULAI |
|
MATA PELAJARAN |
| TANGGAL SELESAI |
|
POKOK BAHASAN
| |||
KOMPETENSI | ASPEK | SKOR MAKSIMAL | SKOR DICAPAI |
Sikap | 1. Menerima a. Menanyakan b. Memilih c. Menguraikan d. Memberikan e. Mengidentifikasi f. Menemukan g. Menyeleksi 2. Merespon a. Menjawab b. Membantu c. Mendiskusikan d. Menyapa e. Menolong f. Berpartisipasi g. Menyajikan h. Membaca i. Melaporkan j. Memilih k. menceritakan 3. Nilai (Keterlibatan) a. Melengkapi b. Menunjukkan c. Membedakan d. Menjelaskan e. Mengikuti f. Memulai g. Menggabungkan h. Membenarkan i. Mengajukan j. Membaca k. Membagikan 4. Mengorganisasi Nilai a. Mematuhi b. Mengubah c. Mengatur d. Menggabungkan e. Membandingkan f. Mempertahankan g. Menjelaskan h. Mengintegrasikan i. Memodifikasi 5. Internalisasi Nilai a. Bertindak b. Menampilkan c. Mempengaruhi d. Mendengarkan e. Memodifikasi f. Melakukan g. Mengusulkan h. Bertanya i. Pertanyaan j. Melayani |
| |
Jumlah sub |
| ||
Keterampilan (Taxonomi 6 tingkat domain pengetahuan) | 1. Persepi a. Mengidentifikasi b. Menyeleksi 2. Kesiapan a. Memulai b. Mendemontrasi-kan 3. Reaksi yang diarahkan a. Menirukan b. mempraktekan 4. Reaksi natural (mekanisme) a. Melaksanakan b. Menangani 5. Reaksi yang kompleks a. Sesuai standar b. mengukur 6. Adaptasi a. Mengembangkan b. Mengatur kembali 7. Kreatifitas a. Mendesain b. Membuat |
|
|
Jumlah sub |
| ||
WAKTU | A. Lebih cepat B. Tepat C. Lambat |
| |
Jumlah sub |
| ||
TOTAL SKOR |
| ||
Catatan
| |||
Kepala Sekolah | Guru | Siswa | |
Catatan:
(………………………..) |
(………………………..) |
(………………………..) |
Konversi skor ke nilai
Keberhasilan suatu lembaga selain harus didukung dengan perangkat pembelajaran yang lengkap, guru
profesional, juga perlu adanya evaluasi untuk mengukur capaian dari suatu target pendidikan. Evaluasi tersebut
dituangkan dalam bentuk Penilaian Acuan Norma (PAN), Penilaian Acuan Patokan (PAP), dan Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM).
Penilaian Acuan Norma (PAN)
Merupakan penilaian yang dilakukan dengan mengacu pada norma kelompok. Nilai yang
diperoleh siswa dibandingkan dengan nilai siswa yang lain yang termasuk di dalam kelompok tersebut.
Penilaian Acuan Patokan (PAP)
mengacu pada suatu kriteria pencapaian tujuan pembelajaran atau indikator
pembelajaran yang telah dirumuskan sebelumnya.
Tujuannya
Untuk mengukur secara pasti tujuan atau
kompetensi yang ditetapkan sebagai kriteria keberhasilannya.
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
Merupakan acuan untuk menetapkan seseorang siswa secara minimal memenuhi persyaratan penguasaan atas materi
pelajaran tertentu. Salah satu fungsi KKM adalah sebagai acuan bagi pendidik untuk menilai kompetensi siswa
sesuai kompetensi dasar matapelajaran yang diikuti.
Comments
Post a Comment