RENCANA
PEDOMAN RPP
Rencana pelaksanaan pembelajaran, atau disingkat RPP, adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berisi pengaturan yang berkenaan dengan perkiraan atau proyeksi tentang apa yang akan dilakukan pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, kemungkinan pelaksaan pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah direncanakan ataupun tidak karena proses pembelajaran bersifat situasional, apabila perencanaan disusun secara matang maka proses dan hasil pembelajaran tidak akan jauh dari perkiraan.
https://id.wikipedia.org/wiki/Rencana_pelaksanaan_pembelajaran
Fokus pelajaran
Focus lessons: this componentn allows teachers to model their own metacognitive processes as active readers. Modeled stategies focus on increasing understanding of content-area texts. Usually brief in nature. Focus lessons establish purposes for reading and clue students into important learning objectives.
Fokus pelajaran: komponen ini memungkinkan guru untuk mencontohkan proses metakognitif mereka sendiri sebagai pembaca aktif. Stategies yang dimodelkan berfokus pada peningkatan pemahaman teks area konten. Biasanya sifatnya singkat. Fokus pelajaran menetapkan tujuan untuk membaca dan memberi petunjuk kepada siswa tentang tujuan pembelajaran yang penting.
Instruksi terbimbing
Guided instruction: during guided instruction, teachers prompt, question, facilitate, or lead students through tasts that increase understanding of a particular texts
Instruksi terbimbing: selama instruksi terbimbing, guru membisikkan, mempertanyakan, memfasilitasi, atau memimpin siswa melalui tes yang meningkatkan pemahaman tentang teks tertentu
Pembelajaran kolaboratif
Collaborative learning: During the colaborative learning component in the gradual release of responsibility model, student consolidate their understanding of the content and explore opportunities to problem solve, discuss, negotiate, and think with their peers.
Pembelajaran kolaboratif: Selama komponen pembelajaran kolaboratif dalam rilis bertahap model tanggung jawab, siswa mengkonsolidasikan pemahaman mereka tentang konten dan mengeksplorasi peluang untuk memecahkan masalah, berdiskusi, bernegosiasi, dan berpikir dengan rekan-rekan mereka.
Pembelajaran mandiri
Independent learning: this component addresses the most important goal of good instruction – to provide students with practice in applying skills and information in new ways. As students transfer their learning to subsequent tasks, they synthesize information, transform ideas, and solidify their understanding. They become active readers and capable learners
Pembelajaran mandiri: komponen ini membahas tujuan terpenting dari pengajaran yang baik - untuk memberikan siswa latihan dalam menerapkan keterampilan dan informasi dengan cara baru. Saat siswa mentransfer pembelajaran mereka ke tugas berikutnya, mereka mensintesis informasi, mengubah ide, dan memperkuat pemahaman mereka. Mereka menjadi pembaca yang aktif dan pembelajar yang cakap.
RPP-GRR
TAHAPAN | KOMPONEN | TANGGUNG JAWAB | |
GURU | SISWA | ||
I | Fokus pelajaran: komponen ini memungkinkan guru untuk mencontohkan proses metakognitif mereka sendiri sebagai pembaca aktif. Stategies yang dimodelkan berfokus pada peningkatan pemahaman teks area konten. Biasanya sifatnya singkat. Fokus pelajaran menetapkan tujuan untuk membaca dan memberi petunjuk kepada siswa tentang tujuan pembelajaran yang penting.
| Guru melakukan tugas pengajaran dan fokus pada tujuanpembelajaran yang akan dibahas | Siswa memperhatikan secara seksama |
II | Instruksi terbimbing: selama instruksi terbimbing, guru membisikkan, mempertanyakan, memfasilitasi, atau memimpin siswa melalui tes yang meningkatkan pemahaman tentang teks tertentu.
| Guru dan siswa secara bersama berinteraksi dua arah | |
III | Pembelajaran kolaboratif: Selama komponen pembelajaran kolaboratif dalam rilis bertahap model tanggung jawab, siswa mengkonsolidasikan pemahaman mereka tentang konten dan mengeksplorasi peluang untuk memecahkan masalah, berdiskusi, bernegosiasi, dan berpikir dengan rekan-rekan mereka.
| Guru mengamati dan membimbing siswa jika ada hal yang perlu ditanyakan dan didiskusikan | Siswa secara bersama-sama berkelompok berdiskusi dan selanjutnya dibahas secara bersama satu kelas |
IV | Pembelajaran mandiri: komponen ini membahas tujuan terpenting dari pengajaran yang baik - untuk memberikan siswa latihan dalam menerapkan keterampilan dan informasi dengan cara baru. Saat siswa mentransfer pembelajaran mereka ke tugas berikutnya, mereka mensintesis informasi, mengubah ide, dan memperkuat pemahaman mereka. Mereka menjadi pembaca yang aktif dan pembelajar yang cakap
| Guru mengamati dan membantu menumbuh kembangkan potensi siswa | Setiap siswa secara mandiri memperdalam materi pembelajaran dari mulai membaca teori pengetahuan sampai praktek keterampilan |
RENCANA PELAKSANAAN
Materi Belajar Pendekatan GRR
Contoh Bahan Belajar
& | & | & | & | & | & | & | & | & | & | & | & | & | & | & |
w | w | w | w | w | w | w | w | w | w | w | w | w | w | w |
þ | þ | þ | þ | þ | þ | þ | þ | þ | þ | þ | þ | þ | þ | þ |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
Kegiatan Kolaborasi/Diskusi Kelompok – Proses dan Hasil
& | & | & | & | & | & | & | & | & | & | & | & | & | & | & |
w | w | w | w | w | w | w | w | w | w | w | w | w | w | w |
þ | þ | þ | þ | þ | þ | þ | þ | þ | þ | þ | þ | þ | þ | þ |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
Kegiatan Mandiri – Proses dan Hasil
& | & | & | & | & | & | & | & | & | & | & | & | & | & | & |
w | w | w | w | w | w | w | w | w | w | w | w | w | w | w |
þ | þ | þ | þ | þ | þ | þ | þ | þ | þ | þ | þ | þ | þ | þ |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
Keterangan:
& = Referensi Buku/ebook
w = Referensi Vidio Tutorial
þ = Referensi Website
12345 = Pertemuan Belajar
Comments
Post a Comment